Senin, 01 April 2013

septekemia



KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT atas segala rahmat dan nikmat yang dilimpahkanNya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini dengan lancar.

Sholawat serta salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad  SAW,  yang telah memberi petunjuk yakni berupa ajaran islam.

Ucapan terima kasih penulis sampaikan kepada dosen pembimbing yang telah membimbing penulis dalam pembuatan makalah ini.

Makalah yang berjudul "SEPTIKEMIA" ini jauh dari kesempurnaan. Al-insanu mahallul khoto’ wa nisyani,  manusia tidak luput dari salah dan lupa, begitu juga dengan penulis. Untuk itu penulis mohon kritik dan saran yang membangun untuk bahan penyempurnaan makalah selanjutnya. Harapan penulis semoga makalah ini akan membawa manfaat bagi masyarakat khususnya bagi penulis. Amin


                                                   Tulungagung,12 januari 2011

    Penulis,



DAFTAR ISI
                                                                                                           
HALAMAN JUDUL
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I  PENDAHULUAN
1.1  latar belakang
1.2  tujuan
BAB II  MATERI
            2.1 definisi
            2.2 penyebab
            2.3 gejala
            2.4 komplikasi
            2.5 diagnosis
            2.6 prognosis
            2.7 pencegahan
            2.8 penatalaksanaan
BAB III  KASUS
BAB IV ASUHAN KEBIDANAN
BAB V PENUTUP
            5.1 kesimpulan
            5.2 saran
BAB IV  DAFTAR PUSTAKA


BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
     Dahulu infeksi nifas merupakan sebab kematian maternal yang paling penting, akan tetapi berkat kemajuan ilmu Kebidanan khususnya pengetahuan tentang sebab-sebab infeksi nifas serta pencegahannya dan penemuan obat-obat baru seperti sulfa, antibiotik dan lainnya di negara-negara maju peranannya sebagai penyebab kematian berkurang.
     Tubuh manusia memiliki banyak mikroorganisme pada kulit dan pada usus yang biasanya bermanfaat dan tidak menimbulkan ancaman bagi kesehatan. Tapi ketika organisme ini memasuki aliran darah dan menyebar ke seluruh tubuh, maka mereka dapat berkembang menjadi infeksi yang besar. Septikemia merupakan salah satu infeksi yang mencemari darah dengan berbagai bakteri. Jika tidak diobati dengan tepat, maka darah yang terinfeksi dapat mencemari organ atau jaringan tubuh seperti hati, otak atau ginjal, yang bisa berakibat fatal.
     Jika diabaikan pada tahap awal, septikemia cepat dapat berkembang menjadi syok septik. Menurut septikemia University of Virginia Health System, yang berkembang menjadi septic shock memiliki tingkat kematian mencapai 50%, tergantung pada jenis bakteri yang terlibat.. Oleh karena itu septikemia merupakan suatu keadaan darurat medis yang serius dan membutuhkan perawatan medis yang mendesak.

1.2  Tujuan
-          Untuk mengetahui tentang septikemia meliputi gejala, penyebab, pengobatan serta pencegahan yang dapat dilakukan.
-          Memberikan asuhan kebidanan yang tepat dan sesuai untuk kasus septikemia.



BAB II
MATERI
2.1 DEFINISI
     Septikemia adalah adanya bakteri dalam darah. Hal ini umumnya dikenal sebagai keracunan darah atau bakteremia. Istilah lain untuk septikemia adalah Blood poisoning. Septikemia ini adalah merupakan  infeksi akut yang disebabkan oleh adanya mikroorganisme tertentu dan produk beracun dalam aliran darah. Septikemia merupakan suatu kondisi infeksi serius yang mengancam jiwa, dan cepat memburuk.
2.2 PENYEBAB
     Septikemia ini paling sering disebabkan oleh luka dan luka yang terinfeksi. Ini termasuk luka bedah, luka bakar, keguguran, luka diabetes dan cedera internal atau perdarahan akibat kecelakaan. Hal ini juga dapat timbul dari infeksi dalam tubuh termasuk infeksi di paru-paru, perut dan saluran kemih
Beberapa faktor yang dapat menyebabkan septikemia.
1.      luka dan luka yang terinfeksi
Yang termasuk luka yang terinfeksi adalah luka yang muncul atau disebabkan selama prosedur pembedahan untuk penanganan jaringan yang terinfeksi. Selain itu hal ini bisa terjadi karena prosedur diagnostik invasif, infus, kateter urin. Bisa juga disebabkan karena  luka bakar terutama tingkat ketiga, Semakin besar luka bakar, semakin besar risiko infeksi.




2.      Cedera internal
Ini termasuk luka perut, pecah usus, penyakit kandung empedu dan pecahnya usus buntu atau limpa. Pada wanita, keguguran juga bisa mengakibatkan septikemia.
3.      Kondisi Kedokteran
Orang dengan diabetes berada pada risiko yang lebih tinggi karena mereka tidak memiliki kemampuan untuk menyembuhkan dari luka.. selain diabetes yang berisiko tinggi terkena septicemia adalah termasuk pasien dengan luka bakar, gangguan kronis jantung, hati atau ginjal, malnutrisi dan berlebihan / menggunakan antibiotik jangka panjang.
4.      rongga oral
Infeksi pada mulut atau gigi, jika tidak dirawat menggunakan antibiotik, dapat menyebabkan septikemia
2.3 GEJALA
     Septikemia adalah infeksi serius yang mengancam jiwa yang memburuk dengan cepat. Tanda-tanda dan gejala adalah sebagai berikut:
1.      Demam tinggi (suhu39-400 ºC) disertai menggigil
2.      K.U memburuk dengan cepat
3.      Nafas cepat
4.      denyut jantung meningkat.
5. Bila tejadi septikemia pada masa nifas, bila tidak diatasi dengan cepat dan baik maka dapat menyebabkan kematian pada 6-7 hari post partum

2.4 KOMPLIKASI
Daftar komplikasi yang telah disebutkan dalam berbagai sumber untuk Septicemia meliputi:
·         Syok
·         Septic shock
·         Kematian
·         Endokarditis
·         Akut nephritis
·         Abses
·         Kegagalan jantung
     Komplikasi dan gejala sisa dari Septicemia dari Database Penyakit meliputi:
·         Reaksi fase akut
·         Infark limpa
·         Pireksia
·         Gagal ginjal akut
·         Neonatal jaundice
·         Akut confusional negara
·         Sindrom paru akut
2.5 DIAGNOSIS SEPTIKEMIA
     Secara klinis, pasien harus cocok setidaknya dua dari kriteria SIRS yang tercantum di atas dan memiliki infeksi dicurigai atau terbukti. diagnosis pasti tergantung pada kultur darah positif untuk agen infeksius dan setidaknya dua dari kriteria SIRS. Namun, dua himpunan bagian dari empat kriteria bergantung pada analisis laboratorium, pemeriksaan sel darah putih dan PaCO2. Kriteria subset ini, seperti kultur darah, dilakukan di laboratorium klinis.
     Ada diagnosis lain yang menunjukkan tingkat keparahan pasien sepsis. Sepsis berat didiagnosis ketika pasien septik telah disfungsi organ (misalnya, rendah atau tidak ada aliran air seni, diubah status mental). Sepsis yang parah dapat juga mencakup sepsis-induced hipotensi (juga disebut septic shock ) kapan tekanan darah pasien turun (biasanya <90 mmHg pada orang dewasa) dan hasil di rendah atau tidak ada aliran darah ke berbagai organ.
2.6 PROGNOSIS SEPTIKEMIA
     Prognosis pasien dengan sepsis berhubungan dengan tingkat keparahan atau tahap sepsis serta status kesehatan yang mendasari pasien. Sebagai contoh, pasien dengan sepsis dan tidak ada tanda kegagalan organ berlangsung pada saat diagnosis telah sekitar 15% -30% kemungkinan kematian. Pasien dengan sepsis berat atau syok septik mempunyai angka kematian (kematian) laju sekitar 40% -60%. Bayi yang baru lahir dan pasien anak-anak dengan sepsis miliki tentang tingkat kematian 9% -36%. Para penyelidik telah mengembangkan suatu sistem penilaian (skor meds) berdasarkan gejala-gejala pasien untuk memperkirakan prognosis.
     Ada sejumlah besar komplikasi yang mungkin terjadi dengan sepsis. Komplikasi yang berhubungan dengan jenis infeksi awal (misalnya, infeksi paru-paru dengan sepsis, komplikasi potensial bisa menjadi kebutuhan untuk dukungan pernafasan) dan tingkat keparahan sepsis (misalnya, syok septik terkait dengan infeksi anggota tubuh yang dapat memerlukan ekstremitas amputasi ). Akibatnya, setiap pasien cenderung memiliki potensi komplikasi yang berkaitan dengan sumber sepsis, secara umum, komplikasi akibat disfungsi organ, kerusakan, atau kehilangan.
     Para dokter setuju bahwa semakin cepat pasien dengan sepsis didiagnosa dan dirawat, semakin baik prognosis dan komplikasi lebih sedikit, jika ada, untuk pasien.
2.7 PENCEGAHAN
     Faktor risiko yang menyebabkan sepsis dapat dikurangi dengan berbagai metode. Mungkin cara yang paling penting untuk mengurangi kesempatan untuk sepsis adalah:
*      mencegah infeksi.
*       Vaksin
*      kebersihan yang baik
*       mencuci tangan menghindari sumber infeksi
     Jika infeksi terjadi, pengobatan segera infeksi sebelum ia memiliki kesempatan untuk menyebar ke darah kemungkinan untuk mencegah sepsis. Hal ini sangat penting pada pasien yang beresiko lebih besar untuk infeksi seperti orang-orang yang telah menekan sistem kekebalan tubuh, mereka yang kanker , penderita diabetes , atau pasien tua.

2.8 PENATALAKSANAAN
     Septikemia membutuhkan perhatian segera dan pasien dirawat di unit perawatan intensif (ICU). Penanganan septikemia atau syok septik pada dasarnya tergantung pada perlakuan agresif dari infeksi yang mendasarinya. pengobatan akan bervariasi sesuai dengan keparahan septikemia dan penyakit yang mendasarinya.
     Langkah pertama pengobatan melibatkan kontrol dan pemeliharaan tingkat tekanan darah. Cairan dan obat-obatan diberikan secara intravena untuk menjaga tekanan darah. Pasien juga dapat memakai terapi oksigen Jika diperlukan dan jika mungkin, pada sumber infeksi dilakukan pembedahan atau dikeringkan.. Jika terjadi  kelainan pembekuan darah, maka dilakukan  pemberian plasma, faktor pembekuan atau obat-obatan.
     Sampai tepat penyebab septikmia diidentifikasi, infeksi diobati dengan antibiotik spektrum luas yang efektif terhadap berbagai organisme. Ketika organisme khusus yang bertanggung jawab untuk infeksi telah diidentifikasi, pasien diberi antibiotik khusus selama pengobatan. Antibiotik yang tepat untuk mengobati sepsis adalah kombinasi dari dua atau tiga antibiotik diberikan pada saat yang sama; paling kombinasi biasanya termasuk vankomisin untuk mengobati infeksi MRSA banyak. 100 – 200 mg/kg BB sehari dalam dosis terbagi setiap 3 – 4 jam, diberikan secara i.v. selama 3 hari selanjutnya secara i.m.
     Namun, setelah organisme menginfeksi terisolasi, laboratorium dapat menentukan antibiotik yang paling efektif terhadap organisme, dan mereka antibiotik harus digunakan untuk merawat pasien. Selain antibiotik, dua lainnya intervensi terapeutik utama, dukungan organ-sistem dan operasi, mungkin diperlukan. Pertama, jika suatu sistem organ membutuhkan dukungan, unit perawatan intensif sering kali dapat memberikan itu (misalnya, intubasi untuk mendukung fungsi paru-paru atau dialisis untuk mendukung fungsi ginjal). Kedua, operasi mungkin diperlukan untuk mengalirkan atau menghapus sumber infeksi. Amputasi kaki yang telah dilakukan untuk menyelamatkan nyawa beberapa pasien.
BAB III

KASUS
     Pada hari rabu tanggal 12  januari 2011  jam 09.30 WIB Seorang ibu datang ke RSUD Dr.Iskak Tulungagung untuk memeriksakan keadaannya. Ibu mengatakan 2 minggu yang lalu telah melahirkan anaknya yang pertama dengan operasi, ibu mengeluh nyeri pada bekas luka disertai demam tinggi, menggigil, dan ibu sulit untuk bernafas.
















BAB IV
ASUHAN KEBIDANAN
PADA NY. "N" P1OO1 POST PARTUM HARI KE 14 dengan SEPTIKEMIA
DI RUANG NIFAS RSUD Dr. ISKAK TULUNGAGUNG

I.        DATA DASAR

Pengkajian dilakukan pada hari rabu tanggal 12  januari 2011  jam 09.30 WIB di Ruang Nifas RSUD Dr. ISKAK Tulungagung
A. Data Subyektif
1.      BIODATA
Nama pasien       : Ny. N                            Nama suami     : Tn. B
Umur                  : 25 tahun                                   Umur               : 30 tahun
Suku/bangsa       : Jawa/Indonesia             Suku/Bangsa    : Jawa/Indonesia
Agama                : Islam                             Agama             : Islam
Pendidikan          : SMA                             Pendidikan       : SMA
Pekerjaan            : Swasta                          Pekerjaan         : Swasta
Penghasilan         : Rp.600.000/bln             Penghasilan      : Rp.900.000/bln
Kawin ke            : 1                                   Kawin ke         : 1
Umur Kawin       : 24 tahun                                   Umur Kawin    : 29 tahun
Lama Kawin       : 1 tahun                         Lama Kawin    : 1 tahun.
Alamat Rumah    : Jl. Merpati No.7            Tulungagung
2.      KELUHAN UTAMA
Ibu mengatakan 2 minggu yang lalu telah melahirkan anaknya yang pertama dengan operasi, ibu mengeluh nyeri pada bekas luka disertai demam tinggi, menggigil dan pusing,sejak 3 hari yang lalu
3.      RIWAYAT MENSTRUASI
a.             Menarche         : 12 tahun
b.            Lama haid       : 7 hari
c.             Banyaknya      : hari ke 1-3= 2-3x ganti pembalut, 4-7=2 kotek sehari
d.            Siklus              : 28 hari
e.             Dysminorhoe   : tidak ada
f.             Flour albus       : sebelum menstruasi tidak bau dan tidak gatal
g.            HPHT              : 21-03-2010
h.            HPL                 : 28-12-2010
i.              UK                  : 36 minggu
4.      RIWAYAT KEHAMILAN PERSALINAN, NIFAS SEKARANG
Suami ke
Hamil ke
Persalinan
Nifas
Umur anak sekarang
L / P
UK
H / M
Tempat persalinan
Penolong
penyulit
Lama nifas
Kelainan
KB
menyusui
1
1
L
9 bln
H
Rumah sakit
Dokter
CPD
14 hr
infeksi
Tidak
Ya, saat IMD
14 hari

5.      RIWAYAT  KEHAMILAN , PERSALINAN , DAN NIFAS  SEKARANG
KEHAMILAN 
Ibu mengatakan hamil anak ke 1 , usia kehamilan 9 bulan , pergerakan janin dirasakan sejak usia kehamilan  5 bulan , selama hamil klien memeriksakan kehamilan di bidan, sebanyak 4 kali.
Keluhan selama hamil  :
TM I      : mual muntah
TM II     : tidak ada keluhan
TM III    : sering kencing


Imunisasi yang pernah didapat : 1X TT CPW,1X saat hamil usia 3 bulan.
Vitamin / obat – obatan yang pernah didapat : Fe,  Vit C,  B1  dan B6
HE yang pernah didapat : makanan yang bergizi, dan personal hygiene yang benar.
PERSALINAN
Ibu mengatakan kenceng – kenceng perut menjalar ke punggung semakin lama semakin sering. sejak hari selasa tanggal 27 desember 2010 jam 15.00 WIB,datang ke bidan kemudian pemeriksaan dalam pembukaan 7,tetapi kepala tidak bisa masuk PAP,dan di indikasikan CPD, kmudian di rujuk ke RS.
Melahirkan di rumah sakit.
Bayi lahir pada tanggal 28 desember 2010 jam 10.05 WIB  secara  Caesar ditolong oleh dokter, jenis kelamin laki-laki.
BB 3800 gram , PB 45 cm , AS 6-8 , kelainan konginetal tidak ada , anus ada.
Tidak ada perlukaan jalan lahir , ada heating.
Jumlah perdarahan 350 cc.
Persalinan berlangsung dengan SC dengan indikasi CPD ditolong oleh dr. Naning ,   SpOG, Bayi lahir tanggal 28 desember 2010, jam 10.05 WIB. Jenis kelamin laki-laki, BB 3800 gr, PB 45cm, AS 6 – 8, tidak ada kelainan konginetal, anus ada.
6.      RIWAYAT NEONATUS
Bayi lahir tanggal 28 desember 2010, jam 10.05 WIB.
ü  Jenis kelamin laki-laki
ü   BB 3800 gr
ü  PB 45cm
ü  AS 6 – 8
ü  tidak ada kelainan konginetal
ü  anus ada
7.      RIWAYAT NIFAS
·         Ibu melakukan pemberian ASI awal (IMD)
·         Ibu mendapatkan cukup makanan, cairan dan istirahat
·         Ibu menyusui saat IMD  kemudian tidak lagi karena ASI tidak keluar.
·         Ibu mendapatkan HE tentang asuhan pada bayi, tali pusat dan perawatan bayi sehari-hari.
8.      RIWAYAT KESEHATAN
Klien tidak pernah menderita penyakit menular, misal : HIV /AIDS, Hepatitis B
Klien tidak pernah menderita penyakit menahun, misal : asma
Klien tidak pernah menderita penyakit menurun, misal : hipertensi, DM
Klien tidak mempunyai alergi terhadap makanan / minuman dan obat-obatan
9.      RIWAYAT SUAMI DAN KELUARGA
Klien tidak pernah menderita penyakit menular, misal : HIV /AIDS
Klien tidak pernah menderita penyakit menahun, misal : asma
Klien tidak pernah menderita penyakit menurun, misal : hipertensi, DM
10.  KEADAAN PSIKO/SOSIAL BUDAYA
Ibu mengatakan senang karena bayinya lahir dengan selamat. Suami dan keluarga mendukung kelahiran bayinya. Hubungan ibu dan masyarakat baik. mengenai penyakitnya,tidak ada pantangan makanan.
11.  POLA KEBIASAAN SEHARI-HARI
POLA NUTRISI
Selama Hamil
Makan       : 3x sehari, porsi 1 piring (nasi, sayur, lauk dan buah)
Minum       : ± 6-8 gelas per hari, air putih dan susu

Selama Nifas
Makan       : 3x sehari, porsi 1/2 piring (nasi, sayur, lauk dan buah)
Minum       : ± 6-7 gelas per hari, air putih
POLA ELIMINASI
Selama Hamil
Eliminasi       : BAB : 1 x / 2 hari
                      BAK : ± 8 x /hari
Selama Nifas
Eliminasi       : BAB : 1 x / 2 hari
                      BAK : ± 7 x /hari
PERSONAL HYGIENE
Selama Hamil
Mandi 2 x sehari, Gosok Gigi 2 x / hari, Cuci Rambut 2 hari sekali, ganti Baju 2 x / hari, Ganti pakaian dalam 2 x / hari
Selama Nifas
Mandi 2 x sehari, Gosok Gigi 2 x / hari, Cuci Rambut 2 hari sekali, ganti Baju 2 x / hari, Ganti pakaian dalam 2 x / hari, ganti pembalut ±3x/hr
POLA ISTIRAHAT DAN TIDUR
Selama hamil
Tidur malam          : ± 8 Jam Mulai jam 21.00 – 05.00 WIB
Tidur siang             : Siang + 2 jam
Selama Nifas
Tidur malam          : ± 6 ( sering terbangun karena mennyusui bayinya )
Tidur siang             : Siang + 1 jam

POLA AKTIFITAS
Selama hamil
Ibu bekerja ditoko dan melakukan pekerjaan rumah seperti biasa dibantu oleh suami misalnya mencuci baju dan bersih-bersih rumah
Selama nifas
Ibu belum bisa melakukan aktivitas  ibu rumah tangga seperti biasa
POLA SEKSUALITAS
Selama hamil
± 2x / minggu
Selama nifas
Klien belum pernah berhubungan seksual
KETERGANTUNGAN
Selama hamil dan nifas klien tidak pernah ketergantungan pada obat – obatan, minuman, atau makanan tertentu
B. Data obyektif
A.     Pemeriksaan Umum
1.      Keadaan umum           : baik
2.      Kesadaran                   : composmentis
3.      Postur tubuh                lordosis
4.      Cara berjalan               : tegak
5.      berat badan sekarang  : 58 kg
6.      TB                               : 160 cm
7.      LILA                           : 26 cm





TANDA-TANDA VITAL
TD                : 100/70 mmHg
Suhu             :  39 ºC
Nadi              : 112 x / Menit
Respirasi        : 22 x / Menit
B.     Pemeriksaan Fisik
1.
Inpeksi :



Kepala
:
Rambut lurus, Warna rambut hitam, tidak rontok, tidak berketombe, tidak ada benjolan.

Muka
:
Tidak ada cloasma gravidarum, pucat, tidak oedema.

Mata
:
Simetris, Kelopak mata tidak oedema, konjungtiva pucat, sklera tidak ikterus.mata cekung

Hidung
:
Simetris, bersih, tidak ada sekret, tidak ada pernafasan cuping hidung

Mulut dan gigi
:
Bibir simetris, Lidah bersih, gigi tidak caries

Telinga
:
Simetris, bersih, Tidak ada serumen.

Leher
:
Tidak ada luka bekas operasi, Tidak ada pembesaran kelenjar tyroid dan vena jugularis.

Axilla
:
Tidak ada pembesaran kelenjar limfe.

Dada
:
Payudara: membesar, simetris, papila mamae menonjol, tidak ada benjolan tidak ada strie, bersih.

Abdoment
:
Terlihat tegang, Ada bekas luka operasi belum kering, linea alba ada, luka jahitan horizontal,tidak ada strie livide dan strie albican,  

Punggung
:
Posisi tulang belakang normal

Extremitas
:
Simetris, tidak oedema, tidak varises, tidak ada gangguan  pergerakan, pada lengan sebelah kanan terpasang infus RL 16 tetes / menit

Genitalia
:
Genetalia bersih, pengeluaran lochea serosa, anus tidak ada hemoroid
 2.     Palpasi :  
         Kepala
:
Tidak ada benjolan dan nyeri tekan
         Leher
:
Tidak ada pembesaran kelenjar tyroid dan vena jugularis.
         Payudara
:
Tidak ada nyeri tekan, teraba ASI keluar
         Abdomen
:
Tidak ada Nyeri tekan,TFU 2 jari diatas simpisis, teraba uterus, konsistensi lunak.
 3.    Perkusi
        Reflek patella kanan dan kiri : + / +
 4.    Auskultasi
       Dada
       Pada pernafasan tidak ada suara nafas tambahan
       Abdomen
       Bising usus ( + )
 5.    Pemeriksaan Penunjang
       Darah : HB 10 gr %
       Leukosit 13.000 cmm

KESIMPULAN
Ny . T, K/U lemah, P 1001, Post partum hari ke 14 dengan septicemia.

II.     IDENTIFIKASI DIAGNOSA DAN MASALAH

DATA DASAR
DIAGNOSA / MASALAH
DS :
Ibu mengatakan 2 minggu yang lalu telah melahirkan anaknya yang pertama dengan operasi, ibu mengeluh nyeri pada bekas luka disertai demam tinggi, menggigil, dan pusing, sejak 3 hari yang lalu.
DO :
Keadaan umum : lemah
Kesadaran         : composmentis
TANDA – TANDA VITAL
TD                : 100/70 mmHg
Suhu              : 39 ºC
Nadi              : 112 x / Menit
Respirasi       : 22 x / Menit
Abdoment :       Terlihat tegang, Ada bekas luka operasi belum kering, linea alba ada, tidak ada strie livide dan strie albican.
                          Palpasi: tidak ada nyeri tekan
Genetalia : Genetalia bersih,  anus tidak ada hemoroid

    Pemeriksaan Penunjang
    Darah            : HB 10 gr %
                  Leukosit 13.000 cmm
Diagnosa
P 1001, Postpartum hari ke 14 disertai dengan septikemia

III.  IDENTIFIKASI DIAGNOSA DAN MASALAH POTENSIAL

-          Syock
-          Sepic syock

IV.  IDENTIFIKASI KEBUTUHAN YANG MEMERLUKAN PENANGANAN SEGERA KONSULTASI DAN KOLABORASI

-          Pemberian infus
-          Kolaborasi dokter  pemberian antibiotika dengan spektrum luas seperti vankomisin.

 












        







V.VI. VII   INTERVENSI, IMPLEMENTASI, EVALUASI

Dx/Mx/Keb.
Tujuan / kriteria keberhasilan
INTERVENSI
Dx:
P 1001, Postpartum hari ke 14 dengan septikemia
Tujuan :
Setelah dilakukan asuhan kebidanan penyakit klien dapat diatasi
Kriteria :
TTV : normal
TD : 110/80-120/80 mmHg
N : 60-100 x /menit
S: 365 – 375 oC
RR: 16-20 x /menit
Masalah klien teratasi,penyakit yang di derita klien sembuh.

1.      BHSP
Rasional :
Terjalin hubungan terapeutik antara petugas dengan klien
2.      Jelaskan keadaan ibu sekarang
Rasional :
Dengan mengetahui keadaanya saat ni kx akan mengurangi kecemasan ibu dan ibu tau penyebab penyakitnya.
3.      Pantau TTV
Rasional :
Identifikasi faktor pencetus
4.      Beri kompres hangat
Rasional :
Dengan kompres hangat dapat menurunkan suhu sehingga dapat mengurangi gejala infeksi pada ibu
5.      Anjurkan ibu menjaga kebersihan diri, khususnya daerah genetalia.
Rasional :
Mencegah infeksi lebih lanjut



6.      Ajarkan Perawatan luka operasi
Rasional : Dengan cara ini ibu dapat mengerti dan melakukan sendiri perawatan luka perineum yang baik dan benar.

7.       berikan nutrisi/gizi yang cukup
Rasional: nutrisi/gizi yang cukup sangat baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu,sehingga ASI nya dapat berjalan lancar.

8.      Kolaborasi dengan tim medis untuk pemberian terapi
Rasional :
Pemberian terapi sesuai dengan kondisi Klien










VI. IMPLEMENTASI

Tanggal : 12-01-2011 / Pkl. 10.00 WIB
Dx/Mx/Keb.
Implementasi
Dx:
P1001 post partum hari ke 14 dengan septikemia
1.      Melakukan komunikasi terapiutik kepada ibu dengan bahasa yang sopan agar ibu mau mengatakan semua keluhan yang ibu rasakan
2.      Menjelaskan keadaan ibu sekarang bahwa keadaanya harus segara diobati dan memerlukan perawatan
3.      Memantau TTV :
·         TD : 110/80 mmHg
·         S : 39°C
·         N : 112x/mnt
·         RR : 22x/mnt
4.      Memberikan kompres hangat kepada ibu pada lipatan paha, ketiak dan dahi
5.      Menganjurkan ibu menjaga kebersihan diri, khususnya daerah genetalia
·           Menganjarkan cara cebok yang benar dari depan ke belakang
·           Mengganti pembalut apabila merasa sudah penuh.

6.      mengajarkan Perawatan luka operasi
7.      memberikan nutrisi/gizi yang cukup
8.      Berkolaborasi dengan dokter untuk pemberian terapi :
§  Vancomicin 100 – 200 mg/kg BB sehari dalam dosis terbagi setiap 3 – 4 jam, diberikan secara i.v. selama 3 hari selanjutnya secara i.m
§  Paracetamol 500 mg x 3




VII. EVALUASI

Tanggal : 12-01-2011 /  Pkl. 15.00 WIB
Diagnosa/Mslh/Kebt.
Evaluasi
Dx:
P1001, post partum hari ke 14 dengan septikemia 
S
:
Ibu mengatakan 2 minggu yang lalu telah melahirkan anaknya yang pertama dengan operasi, ibu mengeluh nyeri pada bekas luka disertai demam tinggi, menggigil, dan pusing.
O
:
TTV
·         TD : 110/80 mmHg
·         S : 38.4°C
·         N : 108x/mnt
·         RR : 20x/mnt
A
:
septikemia

P
:
1
Beri kompres hangat pada ketiak, lipatan paha dan dahi



2
Observasi TTV



3
Kolaborasi dengan dokter dalam pemberian terapi



                        Evaluasi



Tgl 13-01-2011, jam 08.00 WIB
Dx :
P1001, post partum hari ke 15 dengan septikemia
S
:
Ibu mengatakan badannya masih agak panas dan masih pusing.

O
:
TTV
o   TD : 120/80 mmHg
o   S : 38°C
o   N : 98x/mnt
o   RR : 20x/mnt

A
:
septikemia

P
:
1.      Beri kompres hangat pada ketiak, lipatan paha dan dahi



2.      Observasi TTV



3.      Kolaborasi dengan dokter dalam pemberian terapi



                               Evaluasi



Tgl 1401 - 2011, jam 08.00 WIB
Dx :
S
:
Ibu mengatakan badannya sudah tidak panas lagi dan pusing berkurang
P1001, post partum hari ke 16 dengan septikemia
O
:
TTV
·         TD : 120/80 mmHg
·         S    : 37°C
·         N   : 84x/mnt
·         RR : 18x/mnt


A
:
septikemia

P
:
1.      Kolaborasi dengan dokter dalam pemberian terapi
2.      Observasi TTV









 



DAFTAR PUSTAKA


Ø  Taber Ben-Zion, MD. 1994. KAPITA SELEKTA KEDOKTERAN. Jakarta: EGC.
Ø  Fakultas Kedokteran VI. 2001. KAPITA SELEKTA KEDOKTERAN. Jakarta: Media Aesculapius.
Ø  Wiknjosastro, Hanifa. 2005. ILMU KEBIDANAN. Jakarta: YBP-SP.
Ø  Mochtar Rustam MPH. 1998. Sinopsis Obstetri Jilid I, Jakarta: EGC.
Ø  Saifudin Abdul Bari, dkk. 2002. Buku Acuan Nasional Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal. Jakarta: JNPKKR. POGI. YBP-SP

Tidak ada komentar: