Senin, 08 April 2013

6 Macam Camilan Sehat untuk Kehamilan

Artikel ini terwujud dari sebagian laba yang diperoleh AdoraBabyShop.Com. Terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa dan para pelanggan setia AdoraBabyShop.Com, sehingga kami bisa memberikan kembali kepada para Bunda/Ayah diseluruh indonesia dalam bentuk ilmu tentang dunia kehamilan dan parenting yang bermanfaat.
Camilan sehat untuk kehamilan memang sangat penting mengingat masa ini membutuhkan asupan nutrisi yang jauh lebih tinggi. Di masa-masa yang telah lalu, biasanya kita akan berkata pada wanita hamil bahwa sekarang ini dia makan untuk dua orang. Pernyataan inilah yang kemudian memberikan dampak buruk bagi kehamilan yang sehat. Hal ini dikarenakan seringkali wanita hamil justru mengkonsumsi terlalu banyak kalori bahkan makanan cepat saji. Hal inilah yang justru akan memberikan dampak bagi kesehatan ibu dan juga bayi. Penelitian terkini merujuk pada pernyataan bahwa ibu yang hamil membutuhkan sekitar 1 camilan sehat untuk kehamilan sebagai tambahan setiap harinya untuk membantu perkembangan kesehatan bayi. Setidaknya 300 kalori tambahan diperlukan setiap harinya.
Protein adalah pilihan tepat camilan sehat untuk kehamilan karena membantu pembentukan sel. Selain itu protein juga membantu banyak ibu saat mereka merasa mual ataupun pusing. Beberapa ibu memilih mengkonsumsi serat untuk membantu menurunkan beberapa gejala umum yang menimbulkan ketidaknyamana selama kehamilan seperti sembelit. Tentunya ada beragam camilan yang tersedia di pasaran. Berikut ini adalah ragam camilan yang sehat yang baik untuk dikonsumsi selama masa kehamilan:
  1. Keripik dan keju
Dua hal ini adalah jenis makanan yang tepat dipilih sebagai camilan sehat untuk kehamilan. Hal ini dikarenakan keduanya bisa memberikan tambahan protein sekaligus serat yang sangat dibutuhkan. Beberapa iris keju dengan keripik gandum utuh akan sangat menyehatkan. Kita bisa memadukan berbagai macam keripik yang ada di pasaran untuk menemukan yang pas dengan selera kita.
  1. Kacang-kacangan.
Sekantung penuh kacang-kacangan sangat praktis untuk dibawa kemana-mana dan tidak memerlukan sejumlah persiapan atau pendinginan. Ada beragam pilihan kacang mulai dari almond, mete dan lainnya yang merupakan sumber protein. Hal inilah yang kemudian mendasari pemilihan kacang-kacangan sebagai camilan sehat untuk kehamilan.
  1. Buah-buahan segar
Setiap pagi biasanya ibu hamil akan merasakan morning sickness seperti rasa mual, pusing dan pegal-pegal. Untuk membantu menghindarinya dan menghadirkan semangat di pagi hari maka kita bisa mengkonsumsi buah-buahan sebagai pilihan camilan sehat untuk kehamilan. Siapkan saja beberapa iris buah di meja dekat tempat tidur. Buah apel, pisang atau jeruk bisa menjadi pilihan.Selain itu irisan jeruk dan strawberry sangat menyehatkan karena hanya mengandung kurang dari 30 karbohidrat. Aprikot kering juga bisa menjadi alternatif bagi kita karena sehat dan mudah dikombinasikan dengan yoghurt rendah lemak misalnya. Buah pisang dan mentega kacang alami juga merupakan padu padan yang pas sebagai camilan sehat untuk kehamilan.
6 Macam Camilan Sehat untuk Kehamilan 6 Macam Camilan Sehat untuk Kehamilan
  1. Telur rebus.
Telur rebus juga termasuk dalam camilan sehat untuk kehamilan.  Wanita hamil disarankan untuk mengkonsumsi telur rebus karena bisa memberikan protein yang dibutuhkan semasa hamil. Jenis camilan ini sangat mudah dibawa jadi akan lebih praktis untuk dikonsumsi.
  1. Stik sayuran dan juga saus
Stik wortel dan seledri sangat tepat untuk dijadikan camilan sehat untuk kehamilan. Tidak hanya dua jenis sayuran itu, brokoli dan jenis sayuran lainnya bisa dijadikan pilihan. Untuk sausnya kita bisa mencoba saus yoghurt dan ragam saus sehat lainnya. Pilihan ini sangat sehat karena hanya memiliki kandungan kurang dari 300 kalori.
  1. Daging, ikan dan juga daging unggas.
Dada ayam yang dipotong dadu atau dicincang dan ditaruh di atas salad sayuran bisa menjadi camilan sehat untuk kehamilan. Kalkun juga bisa menjadi pilihan lain, tentu saja setelah dipadukan dengan irisan alpukat. Sajian ini akan bisa memberikan kita asupan protein dan juga lemak baik. Sandwich yang terdiri dari roti, tumpukan ham, kalkun dan juga irisan selada bisa juga menjadi camilan bernutrisi yang pastinya lezat untuk disantap.
Asupan nutrisi yang tepat sangat penting bagi kesehatan ibu hamil dan janin. Jika kita memilih konsumsi makanan yang salah maka akan sangat berdampak bagi kesehatan.  Untuk itulah maka menjaga berat badan yang sehat sangatlah penting untuk dilakukan. Biasanya wanita hamil akan mengalami pertambahan berat. Untuk itu camilan sehat untuk kehamilan sangat diperlukan agar ibu bisa tetap memenuhi kebutuhan asupannya tanpa menerima resiko membahayakan kesehatan. Diet yang tepat untuk kehamilan adalah campuran yang tepat antara protein, karbohidrat, lemak sehat, buah dan sayuran. Selama ibu mendapatkan camilan sehat untuk kehamilan maka bisa dipastikan kesehatan si ibu dan janin bisa terjaga.
By Desi Purbi.

Tidak ada komentar: